Tips cara menghilangkan mendengkur atau ngorok ketika tidur secara tradisional dan sederhana


Menghilangkan mendengkur /ngorok pada saat tidur-Mendengkur atau yang lebih dikenal dengan istilah ngorok disebabkan karena adanya getaran pada struktur pernapasan baik melalui hidung maupun mulut sehingga menimbulkan suara,Suara yang dihasilkan pun berbeda,ada yang lembut ada juga yang keras.Untuk yang bersuara keras tentu saja sangat mengganggu orang disekitarnya,terlebih bagi pasangan yang telah bersuami istri.
Penyebab lainya terjadinya dengkuran bisa juga disebabkan karena mengkonsumsi minuman keras, mengkonsumsi obat tidur, posisi tidur yang salah atau mungkin juga karena kelainan pada tenggorokan, mungkin flu atau sejenisnya.
Tips cara menghilangkan mendengkur atau ngorok ketika tidur secara tradisional dan sederhana
ngorok waktu tidur
Gangguan tidur ini juga berkaitan erat dengan beberapa penyakit kronis seperti stroke, tekanan darah tinggi, obesitas, dan penyakit jantung.

Untuk menghindari dengkuran dan demi menjaga ketenangan tidur pasangan anda,sebaiknya anda
harus secepatnya menanggulangi kebiasaan mendengkur ini. Namun ada baiknya anda harus hindari obat-obatan yang diklaim bisa mengatasi dengkur, karena produk tersebut belum teruji efektif secara medis. Lebih baik tanggulangi dengan cara-cara alami dan mudah seperti berikut ini.

Rubah Posisi Tidur Anda

Menurut sebuah penelitian, tidur dengan posisi terlentang bisa membuat tidur Anda mendengkur. Hal itu terjadi karena tidur dengan bertumpu pada punggung bisa membuat pangkal lidah dan langit-langit lunak pada mulut menutupi dinding tenggorokan sehingga menyebabkan getaran suara saat tidur. Untuk mengantisipasinya, cobalah tidur dengan posisi menyamping.

Tidur Yang Cukup

Kurang tidur atau memiliki jadwal tidur yang buruk bisa memicu Anda untuk mendengkur. Contohnya Anda terlalu sibuk bekerja hingga lupa meluangkan waktu yang cukup untuk tidur. Ketika Anda sudah mencapai titik kelelahan yang sangat parah, kondisi otot-otot akan berubah menjadi tidak tegang sehingga membuat Anda  tidur mendengkur.

Hindari Minuman Keras dan Penggunaan Obat Tidur

Menurut penelitian, menenggak minum keras pada empat hingga lima jam sebelum tidur bisa membuat dengkuran makin parah. Jadi sebaiknya hindari mengonsumsi minuman keras sebelum tidur.Minum obat tidur juga harus dihindari. Memang obat ini bisa membuat Anda terlelap dengan cepat, namun obat tidur bisa membuat otot-otot pada leher menjadi rileks sehingga membuat dengkuran Anda makin parah.
Banyak Minum Air Putih

Ketika mengalami dehidrasi, proses pelepasan lendir di hidung dan langit-langit lunakmenjadi lengket. Hal itu bisa mendorong Anda untuk mendengkur. Oleh karena itu, perbanyaklah minum air. Bagi wanita, idealnya minumlah air 11 gelas sehari, sementara pria sebanyak 16 gelas.

Cuci Hidung Dengan Air Garam

Jika rongga hidung tersumbat akibat flu atau hal lainnya, maka aliran udara yang masuk bisa berubah menjadi dengkuran.

Dengkuran yang disebabkan oleh hidung tersumbat bisa ditangani dengan cara membuka saluran rongga hidung agar tetap terbuka. Sehingga bisa melancarkan peredaran udara.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mencuci hidung dengan larutan air garam, layaknya menangani sinusitis secara alami di rumah. Atau bisa juga dengan cara mudah, yaitu mandi air hangat sebelum tidur.

Jauhi Merokok

Merokok bisa menyebabkan hidung dan paru-paru tersumbat.Rokok juga menyebabkan iritasi pada selaput lendir saluran pernafasan bagian atas yang bisa meningkatkan produksi lendir yang mengganggu saluran pernafasan. Kondisi seperti itu bisa memicu Anda mendengkur. Jadi hentikan kebiasaan merokok sekarang juga agar terbebas dari dengkur dan bahaya akibat rokok lainnya.

Jaga Kebersihan Kamar Tidur

Alergi bisa memicu Anda untuk mendengkur. Untuk meminimalisasi hal itu, jaga selalu kebersihan kamar tidur Anda. Bersihkan seluruh perabotan pada kamar, seperti tempat tidur, bantal, seprei, dan tirai agar terhindar dari tungau atau kutu.

Sebaiknya hindari tidur bersama hewan piaraan demi terhindar dari ketombe binatang masuk ke rongga hidung Anda.

Selain dengan tips diatas,ada baiknya anda juga memperhatikan hal-hal dibawah ini :

1. Menjaga berat badan,karena kelebihan berat badan akan menyebabkan penumpukan lemak di
leher yang dapat menimbulkan penyempitan saluran pernafasan ditenggorokan

2. Jangan terlalu sering tegang atau stress yang dapat menyebabkan otot leher menjadi kaku dan mengganggu saluran pernafasan.

3. Jangan tidur sehabis makan dengan perut kenyang karena akan mengganggu saluran pernafasan

4. Sebaiknya membiasakan diri untuk tidur miring,jangan telentang atau tengkurap karena bisa menganggu /penyempitan pada saluran pernafasan.

5. Olahraga secara teratur agar sistem pernafasan menjadi teratur.

     Itulah beberapa tips cara menghilangkan mendengkur atau ngorok secara alami dan sederhana.Jika pasangan anda atau mungkin anda sendiri yang mengalami mengorok dalam tidur anda,coba cara diatas,semoga dengan tips diatas tidur anda jadi lebih nyaman dan tenang.

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »

1 comments:

comments
April 30, 2020 at 6:20 AM delete

boleh juga ini artikel jadi masukan buat saya terima kasih. salam dari https://www.tedorentcar.com

Reply
avatar