Cara agar anak cepat berhenti menyusui

Cara cepat  menyapih anak- Masing-masing orang punya cara yang berbeda dalam membuat anaknya supaya berhenti menyusui. Namun yang paling umum dan banyak diterapkan oleh para kaum ibu adalah dengan mengoleskan biji mahoni pada puting susu.Mungkin para bunda ada yang sudah merasa tidak kuat lagi menyusui atau mungkin memang sudah waktunya untuk membuat si bayi tidak minta mimik lagi pada ibunya.Disini saya ingin berbagi tips agar sianak mau berhenti menyusui, yang tentunya aman dan tidak menimbulkan efek samping.

Cara cepat menyapih anak agar anak berhenti menyusui
Cara agar anak cepat berhenti menyusui

Sebelum tips agar sianak berhenti menyusui saya lanjutkan ada baiknya para ibu juga harus mengetahui hal apa yang harus diperhatikan sebelum menghentikan suplay asi pada sianak.

Pertama: Perhatikan nafsu makannya.

Jika keadaan sianak dalam beberapa hari belakangan ini kurang nafsu makan atau mungkin karena sakit sehingga tidak mau makan maka sebaiknya jangan dilakukan dulu. Tunggulah sampai sianak betul-betul sehat dan sudah mulai mau makan lagi, karena jika tidak berat badannya bisa turun dan anda pun akan bingung jadinya.

Kedua: Ketahui apa kesukaannya

Usahakan si ibu sudah tahu apa saja makanan kesukaan si anak, ini nantinya sebagai alat kalau dia menangis, ya fungsinya sebagai hiburan biar ia diam. Selain itu, ini juga bermanfaat untuk pengganti ASI yang sudah tidak lagi anak dapatkan.

Ketiga: Usahakan ia sudah suka dengan susu formula

Bila dirasa anak sudah siap untuk disapih maka yang dilakukan lebih dulu adalah bagaimana mengajari ia minum susu formula, tentunya agar walau ia sudah tidak netek lagi ia masih dapat asupan gizi dari susu sapi tersebut. Lebih baik lagi 1 bulan sebelumnya anak sudah dibiasakan minum susu. Lalu bagaimana jika anak anda tidak mau minum selain ASI? Ya apa boleh buat, berikan ia minuman yang ia sukai, misalnya coba buatkan jus buah siapa tau dia suka, dan bila betul ia bisa suka maka barulah ditambahi sedikit susu di dalamnya.

Keempat: Lakukan secara bertahap

Jika tidak tega dengan anak yang terus saja menangis ketika tidak diberi ASI maka bunda bisa melakukannya bertahap dulu, kurang lebih selama satu minggu, dan kalau bisa jangan terlalu lama. Misalnya pagi dibiarkan menyusui, tapi siangnya di-stop, dan baru pada malam hari diberi lagi, dan bila sudah bisa seperti itu coba kasi sekali sehari saja dan barulah setelah itu distop total.
   
Macam bahan yang digunakan untuk membuat Anak berhenti menyusui

1.Obat sariawan anak
Obat sariawan anak ini warnanya ungu pekat dan banyak dijual di apotik,dan pastikan yang hanya untuk anak .Memang dari segi rasa tidak ada yang istimewa, hanya saja karena warnanya yang ungu tua sehingga membuat anak takut.Dengan menggunakan obat sariawan anak ini terbukti berhasil agar anak berhenti menyusui .

2.Garam

Kalau cara yang pertama tujuannya untuk menakut-nakuti, cara yang kedua ini agar si anak tidak suka dengan rasa susu yang ia hisap karena saat dihisap rasa yang tersedot bercampur dengan garam sehingga mau tidak mau ia akan langsung menarik mulutnya dari payudara ibunya karena rasanya yang kelewat asin. Sebaiknya gunakan garam halus agar tidak terlalu mengganggu dan juga setiap kali anak mau minta sebaiknya dikasi lagi secara berulang dengan cara dibasahi terlebih dahulu bagian yang akan dihisap agar garamnya mudah menempel.

3.Lipstik
Dengan mengoleskan lipstick ke puting susu menurut pengalaman ternyata cara ini juga terbukti  manjur.

4.Biji Mahoni
Cara yang keempat ini adalah cara yang paling efektif dan sudah dipraktekkan terutama di keluarga saya,dan hasilnya memang manjur.pada dasarnya dengan olesan buah mahoni diputing susu bunda akan membuat sianak merasakan kepahitan yang teramat sangat,namun ini tidak menimbulkan efek samping bagi sianak.

5.Daun pare
rasanya pahit dan buahnya biasa dijadikan sayur. Kalau di daerah lain sering disebut juga Paria.

6.Daun pepaya
Walau daun pepaya rasanya tidak terlalu pahit, tapi kalau dilumatkan dulu lalu diolesi disekitar puting payu dara bisa juga membuat anak jadi tidak senang menyusui lagi.

8.Jamu
Punya jamu pahit di rumah atau mungkin ada yang jual di warung, nah baiknya gunakan itu saja karena ibu tak perlu lagi meracik bahannya.

Itulah beberapa tips cara agar sianak cepat berhenti menyusui,Jika bunda punya pengalaman sendiri tentang cara menyapih anak atau cara membuat Anak berhenti menyusui, silahkan berikan komentar dibawah agar banyak yang tau.mungkin bisa dibagikan juga di sini sebagai referensi tambahan buat para bunda yang lain.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »