Penyebab dan cara mengatasi anak nggak mau makan

Cara Mengatasi Anak Susah Makan-Rasa kekhawatiran sering dialami oleh para orang tua ketika sianak tidak bersemangat untuk makan,dan Kebanyakan orang tua mungkin akan menggunakan berbagai cara agar sianak mau makan yaitu dengan memaksanya untuk mau makan.Akan tetapi dengan menggunakan cara tersebut ternyata kurang begitu efektif dan kemungkinan akan membuat si anak kurang merasa nyaman. Lalu bagaimana caranya agar sianak bersemangat untuk makan? simak penjelasan berikut ini.

Penyebab dan cara mengatasi anak nggak mau makan
mengatasi anak yang kurang nafsu makan

Menambah Nafsu Makan Anak Dengan cara Alami


Tanpa anda sadari bahwa sebenarnya si anak akan merasa lebih senang dan lahap saat makan bersama teman-temannya ketimbang saat dia makan sendiri? Nah,dari hal ini Anda bisa mengambil kesimpulan apa yang membuat anak Anda kurang nafsu makan. Sebenarnya ada banyak sekali hal yang bisa membuat anak malas makan. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena Anda bisa mencoba beberapa metode atau cara menambah nafsu makan anak dengan alami berikut ini.

     Gunakan Tempat Makan Yang Lucu Dan Berwarna Cerah

Perlu Anda ketahui bahwa ternyata warna pun bisa mengubah nafsu makan. Warna yang dinilai cukup efektif untuk meningkatkan nafsu makan adalah warna merah, kuning atau oranye. Dan menurut penelitian warna yang paling baik sebagai cara menambah nafsu makan adalah warna merah. Hal ini dikarenakan warna-warna yang cerah bisa membuat hati menjadi lebih bahagia dan nafsu makan pun akan terpancing.


     Hiburlah Si Anak Agar  Bisa Tertawa

Ketika Anda melihat anak Anda hanya diam atau murung di rumah, hiburlah dia supaya tertawa. Mengapa dengan tertawa? Sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang peneliti bernama dr. Loma Linda mengungkapkan bahwa ternyata aktivitas tertawa bisa berpengaruh terhadap nafsu makan, baik pada orang dewasa ataupun pada anak-anak. Cara meniambah nafsu makan yang satu ini bisa Anda lakukan sebagai pengganti apabila si anak tidak memungkinkan untuk diajak berolahraga.

     Ajak Sianak Bermain Sambil Berolahraga

Cobalah untuk mengajak si anak keluar rumah untuk bermain sambil berolahraga.Ajaklah dia bermain supaya tubuhnya lebih aktif bergerak. Saat anak berolahraga atau menggerakan tubuhnya secara aktif, detak jantungnya akan meningkat. Hal ini membuat pembakaran kalori di dalam tubuh lebih optimal. Dengan demikian nafsu makan si anak biasanya juga akan ikut naik.

    Usahakan Hindari Minum Sebelum Makan

Selanjutnya adalah dengan menghindari minum sebelum makan. Oleh karena itu sebelum si anak makan, lebih baik Anda himbau buah hati Anda supaya tidak minum terlebih dahulu. Entah itu minum air putih, susu, sirup, dan sebagainya. Alasannya adalah karena air yang dikonsumsi oleh si anak bisa memenuhi perut dan akhirnya perut terasa kenyang. Kalau sudah demikian, akibat selanjutnya tentu saja adalah nafsu makan si anak akan berkurang.

   Asupan vitamin C Yang Cukup

Di dalam tubuh manusia vitamin C berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan ternyata juga berfungsi untuk meningkatkan nafsu makan.Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa buah jeruk merupakan salah satu sumber vitamin C yang tinggi.Selain itu asupan vitamin C yang cukup juga bisa membantu metabolisme di dalam tubuh semakin lancar.
Maka dari itu tak ada salahnya apabila Anda lebih rutin memberikan konsumsi vitamin C melalui buah jeruk kepada anak Anda.

    Konsumsi Vitamin B

Selain mengonsumsi vitamin C yang bisa didapat dari buah jeruk, cara menambah nafsu makan pada anak juga bisa Anda lakukan dengan menambah asupan vitamin B dan zinc. Seseorang yang mengonsumsi vitamin B secara teratur ternyata bisa meningkatkan nafsu makan dan mengontrol suasana hati bagi seseorang yang sedang malas makan. zinc juga dinilai memiliki fungsi yang sama dengan vitamin B. Oleh karena itu apabila ada seseorang yang kekurangan zinc, nafsu makannya biasanya akan berkurang.

Penyebab Anak-Anak Tidak Ada Nafsu Makan


Secara umum tiap anak memiliki penyebab kehilangan nafsu makan yang berbeda-beda.
Maka dari itu sebagai orang tua Anda juga harus mengetahui apa saja penyebab-penyebab yang bisa membuat si anak gak mau makan.

Hal pertama yang biasanya membuat si anak kurang nafsu makan adalah karena mereka kehilangan selera makannya. Kondisi ini sering dialami oleh anak yang masih bayi, di mana si kecil sering menyemburkan makanannya saat diberi makanan. Mungkin si bayi merasa jenuh dan kehilangan selera makannya, dan sebagai jalan keluarnya Anda harus menambahkan makanan pendamping untuk si bayi.Ada juga penyebab lain yang membuat nafsu makan si anak berkurang.

Rasa ingin tahu seorang anak akan suatu hal yang ada di lingkungannya terkadang juga bisa menjadi penyebab hilangnya nafsu makan. Si anak biasanya akan mulai bosan disuapi saat makan. Oleh karena itu mungkin Anda harus mulai membiasakan buah hati Anda untuk belajar makan sendiri supaya ia bisa mengeksplorasi dirinya sendiri. Pada usia balita, terkadang hilangnya nafsu makan juga bisa terjadi karena si kecil sedang tumbuh gigi. Maka dari itu supaya tidak mengganggu kenyamanan anak Anda, buatlah makanan yang teksturnya lembut supaya lebih mudah dicerna dalam mulut.

 Ajari Perilaku Makan Teratur Pada Anak

Ajarkan perilaku makan teratur pada anak-anak Anda. Pasalnya jika sudah dibiasakan sejak kecil, tanpa harus melakukan beberapa cara menambah nafsu makan pada anak seperti tadi pun buah hati Anda pasti sudah terbiasa untuk makan teratur. Ajarkan si anak dengan cara memberi contoh, bukan hanya memberi perintah. Jadi jika Anda meminta si anak untuk makan maka Anda juga harus makan. Dengan demikian si anak akan mencontoh apa yang Anda lakukan, karena Anda sudah dianggap sebagai panutan oleh si anak.

Ramuan herbal alami agar sianak doyan makan

Selain menggunakan tips diatas,ada juga tips lainya agar sianak mau makan yaitu dengan menggunakan ramuan obat herbal.Simak berikut dibawah ini ramuan dan bahan-bahannya:

Menambah nafsu makan sianak pakai lempuyang

Bahan-bahan yang diperlukan adalah:
  1. lempuyang
  2. sedikit air
  3. asam setengah gelas
  4. gula merah
  5. garam secukupnya
Cara membuat ramuan : Parut lempuyang yang masih segar sebesar ibu jari, tambahkan sedikit air, aduk rata kemudian saring sambil diperas airnya. Tambahkan air perasan lempuyang dengan asam setengah gelas, gula merah dan garam secukupnya. Minum ramuan tersebut satu kali sehari dengan gelas kecil.

Menambah nafsu makan anak dengan daun enceng-enceng

Bahan yang diperlukan adalah:
  1. 30 lembar daun enceng-enceng
Cara membuat ramuan : Ambil 30 lembar daun enceng-enceng yang masih segar, cuci sampai bersih dan asap-asapkan sebentar. Kemudian makan daun enceng-enceng tersebut dua kali dalam sehari sebagai lalap, untuk anak-anak Anda bisa mencampurkannya dalam makanan.

Menambah nafsu makan anak dengan biji mahoni

Bahan-bahan yang diperlukan adalah:
  1. setengah sendok teh biji mahoni
  2. air panas setengah gelas
  3. satu sendok makan madu
Caran membuat ramuan : Ambil setengah sendok teh biji mahoni, sedu dengan air panas setengah gelas, tambahkan satu sendok makan madu. Minum ramuan tersebut sehari 3 kali dengan dosis satu sendok makan.

Menambah nafsu makan dengan daun pepaya

Bahan-bahan yang diperlukan adalah:
  1. satu genggam daun pepaya yang masih segar
  2. satu sendok makan madu
  3. air secukupnya
Cara membuat ramuan: Ambil satu genggam daun pepaya yang masih segar lalu cuci sampai bersih, parut atau tumbuk daun pepaya dan tambahkan dengan sedikit air. Saring airnya dan tambahkan dengan satu sendok makan madu. Minum ramuan daun pepaya sehari dua kali dengan dosis setengah gelas.

Demikian tips Mengatasi Anak Susah Makan.Yang paling penting,Pastikan dan cari tahu penyebab kenapa anak anda kurang bernafsu untuk makan.Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »